Aobi...

PT ANUGRAH ORIGINAL BIONATURA INDONESIA

ARTICLE

Jumat, 01 April 2022 09:24 WIB

Berkembangnya UMKM di Indonesia, Jasa Maklon AOBI Jadi Solusi Untuk Membuat Sebuah Brand

Ekonomi Indonesia sedang mengalami perkembangan dalam beberapa waktu belakangan ini. Untuk mengatasi tantangan ekonomi yang ada, pemerintah Indonesia turut menggembleng produk UMKM yang mampu menjadi penopang ekonomi di tengah masyarakat. Dalam aspek UMKM, Brand menjadi wajah utama terhadap produk yang ditawarkan kepada publik. Dengan pentingnya sebuah Brand terhadap bisnis UMKM, jasa maklon memainkan peranannya untuk hadirkan Brand yang bisa membantu UMKM menjalankan bisnisnya.

Perkembangan UMKM di Indonesia
Di tengah kemajuan berbagai hal yang ada dalam kehidupan masyarakat, aspek dalam ekonomi turut menjadi sorotan oleh semua pihak. Salah satu aspek yang cukup penting dan menjadi nadi utama di tengah masyarakat adalah ekonomi.

Menjadi tumpuan utama, pastinya baik antara masyarakat maupun pemerintah menginginkan ekonomi yang kuat dan stabil dimana mampu menjaga daya beli hingga daya saing produk dengan produk impor yang berasal dari luar negeri.

Seiring dengan hal tersebut, pada saat ini yang menjadi tumpuan ekonomi di Indonesia adalah lewat keberlangsungan UMKM yang tersebar di seluruh pelosok negeri. UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah menjadi sarana ekonomi utama yang bisa dijangkau oleh masyarakat maupun bagi para pelaku usaha dalam bisnisnya tersebut.

Kegiatan ekonomi UMKM sendiri tidak dapat terlepas dalam menjawab kebutuhan masyarakat di kesehariannya. Hal inilah yang membuat UMKM sangat penting untuk roda perekonomian itu sendiri.

Terbukti di tahun 2021 saja, pelau usaha UMKM di Indonesia mengalami peningkatan dan memberikan tren positif bagi pasar. Berdasarkan data dari BPS saja, di tahun 2021 tercatat terdapat sebanyak 1.221.015 yang ada di Indonesia. Angka ini mengalami peningkatan disbanding tahun 2020 lalu yang memiliki 1.088.333 pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Dengan adanya data tersebut, maka dapat dilihat secara jelas bahwa perkembangan UMKM di Indonesia mengalamai peningkatan yang cukup baik dari tahun ke tahun.

Ini juga membuktikan bahwa pelaku usaha UMKM juga turut menjadi jawaban bagi konsumen masyarakat Indonesia untuk bisa mendapatkan produk yang sesuai dan di inginkan oleh pangsa pasar secara umum.

Pentingnya Sebuah Brand di Dalam UMKM
Lewat adanya perkembangan UMKM yang cukup baik setiap tahunnya, terdapat pula salah satu faktor yang menjadi ciri khas terhadap kemajuan aktivitas bisnis UMKM itu sendiri. Ya, faktor terpenting yang menjadi nadi utama dari bisnis yang dekat dengan masyarakat ini adalah sebuah Brand.

Brand atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Merk merupakan suatu aspek yang terdiri dari beberapa hal yang menyatu seperti produk, layanan, hingga ciri khas dari apa yang ditawarkan oleh suatu bisnis tersebut.

Dalam hal ini, sebuah Brand memainkan peranannya sebagai ujung tombak untuk menghadirkan produk yang bisa dikenal secara luas oleh masyarakat. Lantas jika berbicara mengenai sebuah Brand yang ada di dalam suatu unit bisnis UMKM, maka seberapa pentingnya sebuah Brand itu sendiri?

Pada kenyataannya, sebuah Brand harus mampu menghadirkan daya tarik terhadap minat konsumen untuk membelinya. Apabila banyak masyarakat yang tertarik terhadap produk Brand yang ditawarkan tersebut, tentunya hal ini memberikan dampak positif untuk keberlangsungan bisnis UMKM itu bukan?

Selanjutnya, Brand atau Merk juga dapat memberikan sebuah nilai Brand Awareness yang penting untuk menjaga eksistensi produk dalam skala menengah hingga panjang. Anda mungkin ingat dengan beberapa jargon atau ciri khas spesifik (gambar kemasan, warna, rasa) dari suatu produk yang beredar di pasaran?

Ya, beberapa produk UMKM yang sudah beredar di pasaran tekadang memainkan trik-trik ini guna mendapatkan Brand Awareness sebanyak-banyaknya. Semakin tinggi Brand Awareness yang bisa didapat, prospek bisnis UMKM tersebut juga akan semakin berkembang hingga mampu bersaing dengan produk-produk besar lainnya yang sudah ada.

Jasa Maklon AOBI Untuk Kembangkan Brand UMKM
Sebuah Brand atau Merk tentu sangatlah penting guna menjaga berjalannya eksistensi bisnis UMKM itu sendiri. Namun terkadang, tantangannya adalah bagaimana menghadirkan sebuah Brand produk yang berkualitas tetapi dengan efisien baik secara finansial maupun di bagian strategi bisnisnya?

Menjawab akan kebutuhan hal tersebut, jasa Maklon menjadi sebuah jawaban yang lengkap dimana dibutuhkan oleh UMKM di era modern seperti sekarang ini. Maklon sendiri merupakan suatu hal yang lengkap untuk kebutuhan Brand yang akan dihadirkan oleh unit bisnis UMKM.

Dalam hal ini, jasa Maklon melingkupi pengembangan produk Brand yang akan dipasarkan nantinya. Mulai dari perencanaan, pengembangan, produksi, hingga distribusi, tentunya jasa Maklon ini semakin menarik bagi para pelaku bisnis UMKM dimana bisa menghadirkan produk yang sesuai dengan strategi pengembangan bisnis yang fleksibel, cepat, namun terjangkau dari segi biaya.

Mengetahui keuntungan yang didapat dari skema Maklon, maka pertanyaannya sekarang adalah dimana para pelaku UMKM bisa mendapatkan jasa untuk menghadirkan Brand yang berkualitas tersebut?

Untuk hal ini AOBI hadir sebagai unit bisnis yang menawarkan layanan jasa Maklon secara profesional dan berstandar tinggi guna hadirkan produk yang berkualitas serta dapat diterima oleh pasar masyarakat umum.

Lewat perizinan Badan POM dan Halal MUI yang dimiliki oleh AOBI dan juga sertifikasi seperti ISO 22000:2018 , HACCP dan GMP, jasa Maklon AOBI mampu dilirik oleh UMKM sampai dengan saat ini. Dengan adanya hal tersebut, AOBI senantiasa menjadi solusi terbaik bagi para pelaku bisnis produk pangan UMKM di Indonesia lewat jasa Maklon yang lengkap, efisien, maupun berdampak terhadap unit bisnis UMKM itu sendiri.

(RL)